Keamanan fisik dan lingkungan kantor
Keamanan kantor merupakan suatu keadaan dimana kantor terbebas dari bahaya. Bahaya yang dimaksud berkenaan dengan segala hal yang dapat mengakibatkan kehilangan atau kerugian kantor. Keamanan fisik dan lingkungan kantor merupakan strategi untuk mengamankan karyawan perusahaan, aset perusahaan yang bersifat fisik (karyawan, klien, gedung, kendaraan, dan barang-barang lainnya), serta tempat kerja dari berbagai ancaman yang meliputi bahaya kebakaran, akses tanpa otorisasi, serta bencana alam.
Kondisi lingkungan kantor sangat berpengaruh terhadap naik turunnya produktifitas kerja karyawan. Selain itu keamanan lingkungan kantor sedikit banyak mempengaruhi fisik maupun psikologis karyawan ketika melakukan pekerjaannya.
Beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk menjaga keamanan fisik dan lingkungan kantor antara lain :
• Pastikan orang-orang yang masuk ke dalam ruang kerja kita merupakan orang-orang yang sudahmemiliki izin serta menggunakan ID Card
• Memastikan kabel-kabel (listrik, alat komunikasi, dsb) terlindungi dengan baik
• Memastikan terdapatnya sumber listrik cadangan (UPS dan Generator)
• Memastikan terdapatnya kontrol akses masuk seperti satpam serta CCTV yang berjalan dengan baik
• Terdapatnya alarm, sensor asap dan sensor api
• Terdapatnya perangkat pendukung bisnis dan keamanan kantor seperti alat pemadam api (APAR),UPS dan Backup Generator
Dengan memperhatikan keamanan fisik dan lingkungan kantor diharapkan karyawan dapat bekerja dengan aman serta dapat meningkatkan produktifitas kerja.